Saturday, February 19, 2011

laporan buku

1. Pendahuluan
                  saya gak tau, harus mulai dari mana. pertama tama ini cuma niat aja gak mau nulis laporan formal, karena ya gak enak aja gitu tulisanya baku. cuma saya usahain sesuai dengan komponen yang berlaku dalam pembuatan laporan hasil bacaan saya. hahaha.
                  judul buku : Anatomi Tubuh Manusia
                  pembacaan : lebih dari 3 bulan, tapi belum selesai karena sibuk :)
                  orang yang baik hati meminjamkannya : Puji setianto (http://puji-setianto.blogspot.com/)
2. Metode - Metode
                 membaca tidak cepat dan sedikit dimengerti, karena ini buku orang kuliahan jadi agak susah masuknya hehehe, padahal setiap baca buku ini udah pasti minum serebrofot hehe taunya tetep saja hasilnya tidak ada. yaa dan itulah metode cara membaca dan mengerti buku ini :)
3. Hasil
                  yang bisa saya hasilkan dari ingatan saya adalah bagian otak dan batang otak
ya maksudnya begini otak dan batang otak adalah bagian susunan saraf pusat yang terdapat di dalam rongga cranium --> (anak SMP bilang ya kaya termpurung kepala gitu. tapi dalam bahasa kedokteran cranium) dibungkus oleh selaput otak = meninges
otak terdiri dari otak besar = cerebrum, nah makanya ada obat yang namanya cerebrofot, hahaha. lalu ada otak kecil = cerebellum, masing masing mempunyai dua hemisphere, kiri dan kanan. hemisphere itu mempunyai folx cerebri. sebenernya ada gambarnya ya, kalo digambar folx cerebri itu kaya garis lekukan di otak dan hemispherenya itu mungkin kaya plastik tipis pelindung otak.
                  batang otak merupakan bagian yang menghubungkan otak dengan sumsum belakang = medulla spinalis. batang otak itu sendiri terdiri dari mesencephalon yang berhubungan dengan cerebrum pons yang berhubungan dengan cerebellum di bagian posterior dan medulla oblongata yang menlanjutkan diri menjadi medula spinalis atau sumsum tulang belakang, cereberum mengisi rongga yang dasarnya dibentuk oleh fossa cranii anterior dan fossa cranii media. batang otak terdapat sepanjang clivus blumenbachi. atau bagian dari os occipitale. langsung aja ke bagian aliran darah di otak, ya jadi begini pembuluh darah yang mengurus cerebrum sebagian besar berasal dari cabang arteria carotis interna dan sebagian kecil dari arteria cerebri posterior. dan selebihnya dibuku gak akan kalian tau kalo anda belum masuk kuliah. intinya pada saat kepala tersengat panas matahari akan terjadi pelebaran pembuluh darah tersebut. karena sebagian pembulu darah itu terjepit disela antar gyrus dalam sulcus, pelebaran itu menyebabkan penekanan pada lapisam piamater. penekanan itu merangsang saraf sensoris piamater sehingga yang bersangkutan mengalami gelajala sakit kepala.
oh iya sampe lupa batang otak itu terdiri dari mesencephalon yang ditandai oleh pilar pilar yg dibentuk oleh pedunculus cerebri --> aduh aku lupa namanya bener atau gak hehehe maaf, dan tempat keluarnya nervurus oculomotoris dibagian anterior. terus yang kedua ada pons yang mempunyai permukaan yang menonjol dan mempunyai lipatan lipatan horizontal. dipermukaan anterior terdapat tempat keluar serabut nervus trigeminus, lalu yang terahkir ada medulla oblongata yang mempunyai bentuk panjang kebawah. dibagian lateral tampak berturut turut tempat keluar masuk serabut nervus glossopharyngeus dan lain lain yang bahasanya susah di ingat. hahha abis itu ada saraf otak, saya lupa gimana rinciannya tapi katanya sih saraf otak berjumlah 12 pasang. udah itu doang mungkin yang penting. nama - namanya aku cuma hapal setengahnya hahah soalnya ya karena faktor yang sama namanya ribet,
1. Nervus olfactorius
2. Nervus opticus
3. Nervus oculomotorius
4. Nervus vestibulococherils
5. Nervus facialis
6. Nervus vagus
7. Nervus trigeminus
hahaha ternyata hapal 7 dan ya itulah hasil laporan saya, dan ya mungkin masih acak acakan karena bukunya belum selesai dibaca dan belum 100% paham. so just itu.

5. Pembahasan
                gak ada bahasan lain dari buku yang benar benar lengkap ini. dan semoga kalian juga ingin membacanya, karena itu langsung saja sewa di tempat ka puji haha.

6. Kesimpulan
                otak itu terdiri dari 2 bagian otak besar dan otak kecil dan masing masing memiliki hemisphere dan itu lah yang terpenting, didalam otak mempunyai 12 pasang saraf berarti 24. dan itu memiliki kewajibannya sendiri sendiri dalam mengatur gerakan dan apapun yang dikerjakan oleh manusia dan menurut saya sebagian dari tubuh manusia difungsikan atau di gerakan oleh otak. oleh karena itu sayangilah otak mu seperti kamu menyayangi hidup mu :)

selesai

No comments:

Post a Comment