Monday, December 22, 2014

Zona Ring Pengamanan Bandar Udara

Ring Pengamanan (Titik-titik rawan dari pengoperasian penerbangan)
posted by : Ratih Purwaningsih 132066
Youan Ramadhan 132078
a. Air Crew
Semua crew yang bekerja di dalam suatu penerbangan harus mempunyai surat ijinatau lisensi keahlian, tujuannya agar dia mengetahui barang atau hal apa saja yangharus di lakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 
b. Gate check
Tidak semua orang dapat masuk ke dalam bandara atau terminal, karena Setiaporang yang masuk harus ada boarding pass.
c. Catering
Di dalam pengiriman catering ke dalam pesawat juga merupakan celah dimanaterdapat terjadinya kriminal, bisa saja catering yang di berikan kepada penumpangdi beri obat yang membuat penumpang sakit bahkan meningal.
d. Cargo and Mail
Kiriman yang akan di muat kedalam cargo bisa saja berisi bahan berbahaya yangmenyebabkan ledakan yang cukup besar.
e. Refueling
Merupakan titik rawan yang dapat terjadi kriminal, karena di dalam pengisian fuel bisa saja ada celah atau orang yang tidak bertanggung jawab memasukan berupa zat atau cairan yang dapat meledakan pesawat.
f. Checked baggage bagasi yang disimpan di dalam kargo, bisa saja berisi bahan-bahan berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan kepada cargo lainnya.
g. Ground staff yang bekerja di lapangan, antara lain cargo, teknik baik penumpang maupun staff harus juga di waspadai atau dicegah dengan suatu alat X-ray, atau Walk Through Metal Detector , dan juga Hand Held Metal Detector.
h. Passenger and carry on baggage
Penumpang, awak pesawat udara harus diperiksa sebelum memasuki  daerah steril dan sisi udara. Termasuk bagasi dan kargo yang siap untuk diangkut.

STP AVIASI JAKARTA
2014

No comments:

Post a Comment